Teroris Medan Ikut Andil dalam rencana pemboman cikeas


Ilustrasi (Foto: Agung/Okezone)

MEDAN– Jajaran Kepolisian Daerah Sumatera Utara membeberkan informasi bahwa para tersangka teroris yang berhasil ditangkap terlibat dalam usaha pengeboman di Cikeas, Bogor.

Informasi tersebut merupakan hasil pemeriksaan sementara oleh polisi di markas Poltabes Medan. “Berdasarkan hasil pemeriksaan sementara, mereka mengaku terlibat dalam rencana peledakan di Cikeas, Bogor. Namun saat ini, kita masih menelusurinya,” ungkap Kepala Polda Sumut Irjen Pol Oegroseno kepada wartawan di Medan, Minggu (11/4/2010).

Namun, Irjen Pol Oegroseno sendiri enggan menjelaskan lebih lanjut, apakah Cikeas yang dimaksud para teroris tersebut adalah kediaman Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di Puri Cikeas, Gunung Putri, Bogor, atau tidak. Hingga saat ini, para tersangka sendiri masih menjalani pemeriksaan di markas Poltabes Medan.

Penangkapan tersangka teroris ini bermula dari kecurigaan petugas patroli dengan sebuah mobil kijang bernomor polisi BL dari wilayah Aceh, sekira pukul 00.30 WIB malam tadi. Saat itu, mobil tersebut sedang parkir di kawasan Taman Makam Pahlawan Medan, Jalan Sisingamangaraja, Medan.

Ketika polisi mendekat, para tersangka malah berusaha kabur. Polisi pun segera menangkap tiga dari mereka. Sedangkan, tiga tersangka lainnya diringkus di lokasi berbeda dinihari tadi. Mereka diduga terlibat dalam jaringan terorisme di Aceh, dan termasuk dalam DPO (daftar pencarian orang) yang selama ini diburu terkait jaringan terorisme tersebut.

Dalam penangkapan tersebut, polisi juga menyita sejumlah barang bukti dari tangan tersangka, yakni berupa satu unit mobil kijang dengan nomor polisi BL dari Aceh, tiga peta yaitu wilayah Aceh, Sumut, dan Kota Medan, serta sejumlah jam tangan dengan logo khusus pada bagian tengahnya. Namun, polisi malah sama sekali tidak menemukan senjata api.

Sementara itu, polisi juga masih melakukan pemburuan terhadap dua tersangka lainnya dalam kelompok tersebut. Mereka sempat melarikan diri ketika polisi berusaha menangkap mereka di kawasan Jalan Sisingamangaraja, Medan, sekira pukul 00.30 WIB malam tadi.(ful)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s