kerusuhan koja jakarta

Jakarta, 14 April 2010 18:44
Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) akan membentuk tim yang akan menyelidiki apakah terdapat kasus pelanggaran HAM dalam kerusuhan akibat upaya penggusuran lahan makam Mbah Priok di Koja, Jakarta Utara.

“Kami akan segera membentuk tim,” kata Wakil Ketua Komnas HAM, Yoseph Adi Prasetyo di Jakarta, Rabu (14/4).

Komnas HAM secara resmi juga telah mengeluarkan pernyataan menyesalkan upaya penggusuran yang dilakukan secara paksa oleh aparat dan berakibat bentrokan.

Padahal, ujar dia, kasus tersebut sebetulnya tengah ditangani oleh Komnas HAM yang juga telah menyurati pihak Pemerintah Kota Jakarta Utara agar menunda penggusuran.

Namun, lanjutnya, Pemerintah Kota Jakarta Utara mengabaikan surat yang dikirim Komnas HAM dan tetap bersikukuh untuk melakukan rencana penggusuran pada Rabu (14/2) pagi ini.

Sementara itu, Komisioner Pemantauan dan Penyelidikan Komnas HAM, Nurkholis, telah mengunjungi Rumah Sakit Koja dengan maksud melihat situasi dan para korban yang berjatuhan akibat bentrokan antara aparat dan warga.

Berdasarkan data di RS Koja, pada sore ini tercatat sebanyak 89 korban luka-luka yang terdiri atas 20 warga, 11 polisi dan 57 anggota Satpol PP.

Nurkholis mengemukakan bahwa salah satu tujuan dia antara lain adalah agar dapat menenangkan emosi warga yang saat ini masih tersulut sebelum melakukan pemantauan.

Hingga kini, situasi di sekitar lokasi bentrokan di Koja, Jakarta Utara, masih mencekam. Selain banyaknya korban luka, juga terdapat sejumlah kendaraan yang terbakar karena dirusak massa. [TMA, Ant]


URL: http://www.gatra.com/2010-04-14/versi_cetak.php?id=136730

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s