GERHANA BULAN SEBAGIAN 26 JUNI 2010

Pada tanggal 26 Juni 2010 akan kembali terjadi Gerhana Bulan Sebagian (GBS).

GBS ini dapat disaksikan dari wilayah Indonesia pada awal malam.

Gerhana Bulan kembali akan terjadi pada 26 Juni 2010. Gerhana Bulan ini selalu terjadi pada saat Bulan berada pada fase purnama. Namun demikian, tidak setiap purnama terjadi gerhana Bulan. Hal ini karena orbit Bulan mengelilingi Bumi tidak bertepatan dengan orbit Bumi mengelilingi Matahari (disebut ekliptika), tetapi membentuk sudut sekitar 5,2o. Apabila fase bulannya purnama dan posisinya di sekitar titik perpotongan orbit Bulan dan ekliptika maka gerhana Bulan akan terjadi. Contoh keadaan ini adalah pada tanggal 26 Juni 2010. Saat itu fase bulan sedang purnama, dan posisinya dekat dengan titik perpotongan orbit Bulan dan ekliptika. Secara astronomis, gerhana Bulan ini disebut Gerhana Bulan sebagian (GBS) karena hanya sebagian piringan Bulan yang tertutupi oleh bayangan umbra Bumi. GBS ini termasuk anggota seri Saros ke 120 dan merupakan gerhana yang terjadi ke 58 dari 84 gerhana yang diperkirakan terjadi pada seri Saros ini. Pada saat puncak gerhana, 53,68% piringan Bulan akan tertutupi oleh bayangan Bumi.


Gambar 1. Gerhana Bulan Sebagian 26 Juni 2010

(Sumber : http://eclipse.gsfc.nasa.gov/OH/OHfigures/OH2010-Fig02.pdf)

Pada Gambar 1 diperlihatkan skematik proses terjadinya Gerhana Bulan Sebagian. Sebagai catatan, seluruh waktu yang ditampilkan pada Gambar adalah dalam Universal Time (UT). Untuk waktu di Indonesia, lebih cepat 7 s.d. 9 jam daripada UT. Selain itu, untuk setiap tempat waktu terjadinya gerhana akan berbeda-beda karena kejadian gerhana ini terkait dengan posisi lintang dan bujur pengamat.

Pada Gambar 1 bagian atas, dari kanan ke kiri menunjukkan proses terjadinya gerhana yang dimulai dengan masuknya Bulan pada bayangan Penumbra Bumi (P1). Hal ini terjadi pada tanggal 26 Juni 2010 pukul 08:57:21 UT. Pada saat tersebut piringan Bulan yang terlihat dari Bumi masih utuh. Selanjutnya, Bulan akan memasuki bayangan umbra Bumi (U1) pada pukul 10:16:57 UT. Mulai saat ini piringan Bulan akan tertutupi oleh piringan Bumi sehingga yang tampak oleh pengamat bukanlah piringan Bulan secara penuh, tetapi pada bagian pinggirnya akan gelap. Puncak GBS akan terjadi pada pukul 11:38:27 UT. Pada pukul 12:59:50 UT Bulan mulai meninggalkan bayangan umbra Bumi dan piringan Bulan yang terlihat dari Bumi kembali utuh. Pada pukul 14:19:34 UT proses gerhana Bulan sebagian-pun berakhir.

Sebagaimana terlihat pada bagian bawah Gambar 1, daerah yang berwarna hitam adalah daerah untuk pengamat yang tidak akan bisa mengamati GBS. Adapun daerah yang berwarna putih adalah daerah bagi pengamat yang bisa mengamati GBS ini. Daerah-daerah tersebut adalah sebagian Amerika Utara, Amerika Tengah, dan wilayah Barat Amerika Selatan yang akan mengalami gerhana pada saat bulan akan terbenam. Adapun seluruh wilayah Pasifik akan mengalami keseluruhan prosesi gerhana. Wilayah Indonesia timur, khususnya Papua akan mengalami pula keseluruhan proses gerhana ini beberapa saat setelah bulan terbit. Proses gerhana yang akan dilihat di Wilayah Indonesia tengah adalah Bulan sudah memasuki penumbra Bumi ketika Bulan terbit. Adapun di wilayah Indonesia barat, ketika Bulan terbit, Bulan akan terlihat sudah memasuki umbra Bumi. Informasi lengkap prosesi Gerhana Bulan Sebagian untuk beberapa kota di Indonesia dapat dilihat pada data di bawah.

Jika Anda berada di wilayah Indonesia dan akan mengamati gerhana ini, bersiap-siaplah sejak sore hari dan menghadaplah ke arah Timur karena gerhana ini akan terjadi beberapa saat setelah Matahari terbenam. Selamat menikmati Gerhana Bulan Sebagian 26 Juni 2010.

Unduh data astronomis dan waktu kejadian gerhana bulan 26 Juni 2010, untuk beberapa kota besar di Indonesia

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s