Pengenalan Mysql database server

MySQL merupakan salah satu program pengolah basis data yang cukup terkenal dikalangan pembuat web (web master) hal ini disebabkan beberapa faktor:

  • Free license (open source), sehingga sebagai pengembang web tidak perlu khawatir dengan masalah lisensi. Namun harus dilihat lagi lebih detail bagaimana end user license agreement-nya di situs resmi mysql (www.mysql.com)
  • Ukuran file datanya relatif kecil.
  • Performance-nya cukup baik.
  • Pengoperasiannya mudah bahkan dengan banyaknya program client berbasis GUI (graphical user interface) membuat user lebih mudah dalam mengolah data di mysql.
  • Banyaknya dukungan server web hosting di internet yang menggunakan mysql sebagai DBMS-nya, arsitekturnya sudah berbasis client-server.
  • Termasuk kategori database server sehingga fitur-fitur yang berhubungan dengan database server sudah terdapat didalamnya. diantaranya fitur multi-concurent user, hot backup dan cold backup, recovery.

Untuk mendapatkan program master mysql dapat di download melalui situs resmi mysql, yaitu: http://www.mysql.com. Untuk file distribusi yang disediakan cukup banyak pilihannya. mulai dari plattform apa yang digunakan (sistem operasi), jenis file distribusi (versi instalasi atau versi no-install dalam file terkompresi).

Selain mengakses melalui console/ shell dengan menggunakan command text, mysql juga dapat diakses menggunakan program client berbasis GUI yang saat ini banyak di kembangkan oleh komunitas open source di internet. Berikut adalah contohnya: MySQL-Front (desktop-based), PHPMyAdmin (web-based). Dengan menggunakan program berbasis GUI tersebut pengguna database ini lebih mudah dan dimanjakan dengan tampilannya yang visual dan user friendly. Namun yang perlu diperhatikan walaupun program GUI seperti ini mempermudah user dalam mengoperasikan mysql tentu saja tidak semua fitur-fitur yang terdapat di dalam mysql sudah didukung oleh program GUI tersebut. Hal ini disebabkan program GUI tersebut masih dalam pengembangan dan dibuat oleh komunitas open source yang tentu saja memerlukan waktu untuk menjadi versi release (final).

Berikut adalah beberapa contoh perintah dasar di MySQL menggunakan command shell text:

  • Menjalankan service MySQL, sebelum login kedatabase mysql terlebih dahulu service mysql dijalankan. biasanya service ini diaktifkan secara otomatis oleh MySQL ketika pertama kali di install. Jika otomatis dijalankan, maka service ini akan aktif secara otomatis ketika sistem operasi start up/ jalan.

C:\MySQL\Bin> mysqld [enter]

  • Menjalankan / Login ke MySQL. Untuk login ke mysql perintah yang digunakan adalah [mysql] lalu diikuti parameter [-h] untuk host tempat dimana mysql tersebut di install, misal: localhost. [-u] untuk username dari user yang punya akses ke mysql, defaultnya adalah user: root atau tanpa username. [-p] untuk password dari user yang berhak mengakses mysql, defaultnya: root atau tanpa password.

C:\MySQL\Bin>mysql -h [host] -u [username] -p [enter]

masukkan password:

  • Keluar/ Logout dari MyQSL

MySQL> exit [enter] atau

MySQL> quit [enter] atau

MySQL> \q [enter]

  • Menampilkan versi database MySQL yang di install

MySQL> SHOW VERSION; [enter]

  • Menampilkan daftar database yang ada dalam MySQL

MySQL> SHOW DATABASES; [enter]

  • Memilih/ mengaktifkan database yang akan digunakan

MySQL> USE [nama database yang akan di aktifkan]; [enter]

  • Menampilkan daftar tabel yang ada dalam database yang aktif

MySQL> SHOW TABLES; [enter]

  • Melihat struktur tabel [misal: tabel mahasiswa]

MySQL> DESC mahasiswa; [enter]

  • Melakukan backup database (dumping)

C:\MySQL\Bin>mysqldump -h [host] -u [username] [database-source] > “path” [enter]

keterangan: database-source diisi dengan nama database yang akan di backup, path diisi dengan lokasi dan nama file tempat file backup dibuat.

contoh:

C:\MySQL\Bin>mysqldump -h localhost -u root akademik > “d:\akademik.sql” [enter]

  • Melakukan restore database

C:\MySQL\Bin>mysql -h localhost -u root akademik < “d:\akademik.sql” [enter]

keterangan: tanda “<” [kurang dari] = memasukkan database dari luar. pada contoh nama file backupnya “akademik.sql” dan nama database tujuan didalam mysql “akademik”

  • Membuat user baru sekaligus memberikan hak akses

MySQL> GRANT ALL PRIVILEGES ON *.* TO ‘rudy’ IDENTIFIED BY ‘rudy’; [enter]

keterangan: GRANT = perintah untuk memberikan hak akses, ALL = semua hak akses (administrator) diberikan kepada user, *.* = diijinkan untuk mengakses semua database dan semua tabel didalam database mysql, TO ‘rudy’ = user name-nya rudy, IDENTIFIED BY ‘rudy’ = passwordnya adalah rudy dengan menggunakan fungsi enkripsi password yang tersapat di mysql.

  • Mengambil hak akses user yang telah diberikan sebelumnya

MySQL> REVOKE ALL PRIVILEGES FROM ‘rudy; [enter]‘

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s