Pengenalan Web

Web merupakan salah satu fasilitas di internet. Web sendiri merupakan kumpulan dokumen-dokumen multimedia yang saling terhubung satu sama lain yang menggunakan protokol HTTP dan untuk mengaksesnya menggunakan “browser”. browser merupakan perangkat lunak untuk menampilkan halaman-halaman web dalam format HTML. contoh browser/ web browser diantaranya adalah: internet explorer, mozilla firefox, opera, safari.

web dinamis dan web statis

secara umum web dapat dibagi menjadi 2 kategori, yaitu web dinamis dan web statis. Perbedaan keduanya dapat dilihat dari isi/ “content” jenis web tersebut. web dinamis adalah jenis web yang isinya selalu berubah-ubah/ uptodate. contoh web dinamis adalah web berita, web perdagangan (e-commerce), sedangkan web statis merupakan jenis web yang isinya tidak berubah-ubah biasanya web jenis ini dibuat menggunakan teknologi HTML yang isinya tidak dapat dirubah kecuali dengan cara merubah langsung isinya dari file aslinya (*.html).

Pemrograman Web

secara umum pemrograman web dapat dibagi 2, yaitu: client side scripting dan server side scripting. perbedaan dari kedua jenis script ini adalah pada bagaimana script tersebut di proses dan tentu saja dari sintaks program yang digunakan.

  • client side scripting (CSS), merupakan jenis script yang pengolahannya dilakukan di sisi client. pengolahan disini berarti “di terjemahkan/ interpreted”. yang memiliki tugas untuk menterjemahkan script jenis ini disisi client adalah web browser. agar semua script yang masuk kategori ini dapat diterjemahkan oleh web browser maka didalam web browser terdapat sebuah komponen/ modul/ “engine” yang memiliki daftar pustaka (library) yang mampu mengenali semua perintah-perintah yang terdapat pada kategori client side scripting. berikut contoh web browser yang populer digunakan: internet explorer, mozilla firefox, opera., safari. berikut adalah contoh client side scripting: HTML (hypertext markup language), java script, XML (extensible markup language), CSS (cascading style sheet). client side scripting merupakan script yang digunakan untuk membuat halaman web statis.
  • server side scripting (SSS), merupakan script yang pengolahannya (baca: diterjemahkan) di sisi server. server yang dimaksud disini adalah sebuah komponen yang biasa disebut web server yang didalamnya terintegrasi dengan sebuah mesin (engine)/ modul yang didalamnya terdapat daftar pustaka (library) yang mampu menterjemahkan script-script tersebut yang kemudian setelah di terjemahkan di server kemudian dikirim (ditampilkan) ke client (web browser) dalam format HTML (hypertext markup language). mesin (engine) tersebut harus di install terlebih dahulu karena mesin-mesin tersebut memiliki karakteristik yang berbeda untuk tiap script (bahasa pemrograman) yang digunakan. berikut contoh server side scripting: PHP (PHP pre processor), ASP (active server pages), JSP (java server pages). server side scripting digunakan untuk membuat halaman web dinamis. hal ini disebabkan karena server side scripting memiliki kelebihan, diantaranya: mampu berinteraksi dengan banyak perangkat lunak basis data (database), mampu mengelola sumber daya yang terdapat di sistem operasi dan perangkat keras komputer, mampu dijalankan di semua sistem operasi (multi plattform), aman karena scriptnya di proses di server yang tidak dapat dilihat dari sisi client (web browser).

komponen-komponen penyusun web

untuk membuat web, diperlukan beberapa komponen yang harus ada (ter-install) didalam komputer, yaitu:

  1. web browser, merupakan perangkat lunak wajib yang harus terdapat di komputer. karena untuk menjalankan aplikasi web harus menggunakan web browser. beberapa contohnya: internet explorer, mozilla firefox, opera, safari.
  2. web server, merupakan perangkat lunak wajib jika membuat sebuah halaman web dinamis. dalam web server semua script-script web yang dibuat diletakkan. biasanya diletakkan dalam “document root” dalam web server tersebut. dengan menggunakan web server maka pembuat web dapat melakukan uji coba terhadap halaman-halaman web yang dibuat tanpa harus mencobanya di internet langsung (localhost). berikut contoh web server: IIS (internet information services) terdapat pada windows NT/ XP/ 2000 Server untuk ASP dan PHP, PWS (personal web server) terdapat pada Windows 98 SE untuk ASP dan PHP, Apache web server dapat di install di semua sistem operasi untuk PHP, Apache Tomcat dapat di install di semua sistem operasi untuk JSP (java server pages).
  3. script, merupakan script yang digunakan. untuk membuat web statis menggunakan client side scripting (HTML, XML, CSS style sheet, java script). untuk membuat web dinamis menggunakan server side scripting (ASP, PHP, JSP).
  4. database server, merupakan tempat penyimpan data dalam sebuah web. contohnya: MySQL, Microsoft SQL Server, Oracle, DB2 (IBM), PostgreSQL.
  5. web editor, merupakan perangkat lunak yang digunakan untuk mengetikkan perintah-perintah script yang digunakan baik itu client side scripting ataupun server side scripting bahkan beberapa web editor dapat digunakan untuk mengatur layout/ tampilan halaman web secara instant. berikut contoh web editor: Notepad, Macromedia Dreamweaver, Ultra Edit, Adobe Go Live, NetBean.
  6. image editor, merupakan perangkat lunak yang digunakan untuk mengelola gambar-gambar dan animasi yang nantinya akan digunakan didalam halaman web yang akan dibuat. berikut contohnya: adobe photoshop, corell draw, macromedia flash.

1 Comment :, , , , , more…

Pengenalan Blog

by rudy@nto on Feb.16, 2009, under IT Populer

Blog adalah merupakan salah satu layanan di internet yang saat ini lagi “booming”. Blog merupakan salah satu contoh implementasi dari Web 2.0. Tidak ada definisi yang pasti tentang blog. Blog merupakan singkatan dari weblog. Weblog pada dasarnya sama saja dengan situs web-situs web lain yang ada di internet. Perbedaannya adalah pada isi/ content dari weblog. Weblog biasanya berupa jurnal yang didalamnya menceritakan pengalaman pribadi, hobi, kegiatan sehari-hari dari pemilik blog tersebut yang secara berkala di update (biasanya setiap hari) dan dengan sengaja dibuat untuk konsumsi public di internet. Orang yang memiliki weblog atau yang aktif memberikan kontribusi terhadap weblog baik milik sendiri maupun weblog orang lain disebut “blogger”. Filosofi blog pada dasarnya sama saja dengan menulis buku diari yang selama ini digunakan secara konvensional. Pada buku diari, si pemilik buku diari bebas menuliskan apapun yang berhubungan dengan pengalaman pribadi, hobi, kegiatan sehari-hari, pemikirian, ide yang dituliskan secara kronologis/ berurutan. Hal ini sama saja dengan weblog bedanya adalah jika buku diari dituliskan di sebuah buku sementara blog tidak ditulis di buku melainkan pada situs web yang disebut weblog/ blog. Saat ini banyak sekali layanan blog yang ditawarkan di internet baik yang gratis maupun yang berbayar. Contoh dua situs blog yang popular adalah blogspot (www.blogspot.com) dan wordpress (www.wordpress.com). Dengan mendaftar disalah satu situs blog tersebut, kita dapat memiliki blog secara gatis dan mudah untuk di operasikan serta memiliki fitur yang cukup lengkap.

Membuat Blog

  • Sebelum mencoba membuat blog di http://www.blogspot.com, terlebih dahulu pastikan bahwa anda telah memiliki alamat email. Karena syarat untuk mendaftar di http://www.blogspot.com adalah dengan mengisikan alamat email anda terlebih dahulu.
  • Jika sudah memiliki alamat email, silahkan aktifkan program browser di komputer (internet explorer, Mozilla firefox, opera). Pada contoh ini, browser yang digunakan adalah Mozilla firefox.
  • Pada jendela browser, ketikkan alamat berikut: http://www.blogspot.com.

url-address-blogspot

  • Jika alamat yang diketikkan benar, maka jendela halaman utama blogspot akan tampil, seperti gambar berikut.

main-page-blogspot

  • Untuk mendaftar pertama kali di blogspot, klik tombol “Create A Blog”/ Ciptakan Blog Anda. Setelah itu akan muncul halaman untuk mengisikan informasi yang dibutuhkan oleh blogspot. Silahkan diisikan informasi tersebut di setiap text field yang tersedia.

signup-blogspot-step1

signup-blogspot-step2

  • Berikut contoh pengisian formulirnya:

o Pada bagian email address, silahkan isikan alamat email anda masing-masing (jika belum memiliki silahkan dibuat terlebih dahulu). Pada contoh alamat email di isi dengan “amikom_blog@yahoo.com”.
o Pada bagian Retype email address, silahkan ketik ulang alamat email anda sama dengan yang sudah diisikan diatasnya (email address).
o Pada bagian Enter a password, silahkan masukkan password anda yang nantinya akan digunakan untuk melakukan login ke blog anda. (password ini tidak harus sama dengan password email anda). Sebab password yang dimasukan dibagian ini adalah password untuk login ke blog anda masing-masing di blogspot dan bukan password untuk login ke email anda).
o Pada bagian Retype password, silahkan masukkan kembali password yang sudah diketikkan pada bagian sebelumnya (enter a password).
o Pada bagian Word Verification, silahkan ketik kata yang tampil di atasnya. Huruf besar dan kecil tidak berpengaruh.
o Pada bagian Acceptance of Terms, silahkan centang/ aktifkan ”I Accept the Term of Service”.
o Setelah semua data diisi (pastikan semua data yang diisi sudah benar), silahkan klik tombol “Continue”.

  • Pada langkah 2, silahkan isikan data-data yang berhubungan dengan nama blog anda.

signup-blogspot-step3

o Pada Blog title, isikan judul dari blog anda yang nantinya akan ditampilkan di halaman utama blog anda. Pada contoh blog title diisikan “Selamat Datang”.
o Pada bagian Blog address (URL), isikan url dari blog anda sehingga dapat diakses sacara langsung dari browser. Pada contoh blog address (url) diisikan “amikom-blog” sehingga untuk mengakses blog ini cukup dengan mengetikkan “amikom-blog.blogspot.com” langsung dari address bar di browser.
o Bagian pilihan lainnya sementara diabaikan saja. Langsung klik tombol “Continue” jika semua data sudah diisi.

  • Selanjutnya silahkan pilih template untuk blog anda. Template adalah pengaturan warna background, layout teks dan gambar secara otomatis yang disediakan oleh blogspot. Silahkan pilih yang sesuai dengan karakter anda. Template ini dapat diganti sewaktu-waktu jika anda bosan dengan template saat ini yang dipilih melalui menu “Dashboard” di blog anda nantinya. Pada contoh template yang dipilih “Dots” setelah itu diklik radio button yang ada dibawah tulisan “Dots”. Kemudian klik tombol “Continue”.

signup-blogspot-step4

  • Langkah terakhir dari proses pembuatan blog di blogspot. Jika halaman berikut tampil dihalaman browser anda berarti anda telah selesai dan berhasil membuat blog anda sendiri. Langkah selanjutnya adalah memulai untuk mengisikan blog anda. Klik tombol “Start Blogging”.

signup-blogspot-step5

  • Silahkan mulai mengisikan blog pertama anda. Pada bagian title diisikan judul dari artikel/ jurnal yang akan dibuat, pada bagian jendela editor silahkan ketikkan apa yang anda ingin ketikkan.

main-posting-blogspot

  • Berikut adalah contohnya: Title diisi: “pengenalan blog”, pada jendela editor diisi: “Blog adalah salah satu fasilitas yang dapat digunakan sebagai media informasi…”.

posting-1

  • Jika sudah selesai mengisi artikel pertama anda, silahkan klik tombol “Save Now” untuk menyimpan artikel anda tersebut sehingga sewaktu-waktu jika akan di edit masih dapat dilakukan dengan cara membukan kembali artikel yang telah disimpan tersebut.
  • Kemudian klik tombol “Publish Post” untuk mempublikasikan artikel yang baru saja anda buat sehingga dapat dilihat oleh pengunjung di situs blog anda. Berikut adalah gambar jika artikel yang anda buat sudah di publish. Untuk melihat hasilnya silahkan klik “View Blog (in a new window)”.

publish-posting-1

  • Berikut adalah contoh tampilan blog yang telah dibuat. Pada gambar terlihat artikel (pengenalan blog) yang sebelumnya dibuat, warna dan layout tampilan yang menggunakan template “Dots”, serta tulisan “Selamat Datang” yang sebelumnya diketikkan dibagian “Blog Title”.

publish-posting-2

  • Pada tahap ini anda telah selesai membuat blog pribadi anda dan telah berhasil memasukkan (posting) sebuah artikel dihalaman blog anda. Jika anda sudah selesai jangan lupa untuk keluar dari blog anda dengan cara meng-klik tombol “Sign Out” yang artinya anda dengan sengaja/ sadar untuk keluar dari halaman administrator blog anda.
  • Untuk mengaksesnya langsung dari browser (tanpa login), silahkan ketikkan URL blog anda di browser. Pada contoh: “amikom-blog.blogspot.com”.
  • Informasi: pada blog saya (http://rudyantoarief.com) ini, menggunakan template CMS wordpress (pixel).

amikom-blogspot

SELAMAT ANDA BERHASIL MEMBUAT BLOG PRIBADI di BLOGSPOT.COM

2 Comments :, more…



Pengenalan SQL

by rudy@nto on Jan.26, 2009, under Basis Data

Structured Query Language (SQL) merupakan bahasa berbasis “request”/ permintaan. SQL adalah salah satu bahasa yang digunakan untuk mengelola data dalam sebuah sistem pengolah basis data (SPBD) atau dalam bahasa inggris adalah Database Management System (DBMS). Contoh DBMS yang ada dalam dunia nyata “real-world” diantaranya: MS SQL Server (Microsoft), MS Access (Microsoft), MySQL (MySQL AB), Oracle (Oracle Corp), DB2 (IBM), PostGreSQL, Paradox (Borland), dan masih banyak lagi vendor-vendor pembuat software DBMS yang lain.

SQL merupakan bahasa generasi ke-4 (4th Generation Language), dimana dalam hirarki bahasa pemrograman semakin tinggi level dari sebuah bahasa pemrograman maka semakin mudah bahasa tersebut untuk dipelajari (lihat kembali sejarah bahasa pemrograman). Hal ini dikarenakan bahasa tersebut menggunakan bahasa yang digunakan manusia sehari-hari.

SQL dapat dibagi menjadi beberapa kategori:

  • SQL SELECT, untuk menampilkan (retrieving) data dari basis data.
  • Data Definition Language (DDL), untuk mendefinisikan obyek-obyek dalam basis data. Diantaranya membuat obyek (CREATE), merubah obyek (ALTER), menghapus obyek (DROP)
  • Data Manipulation Language (DML), untuk memanipulasi data didalam basis data. Misalnya: menambah data (INSERT), merubah data (UPDATE), menghapus data (DELETE).
  • Data Transaction Language (DTL), untuk mengatur transaksi data dalam basis data. Misalnya: Menyelesaikan transaksi (COMMIT), membatalkan transaksi (ROLLBACK).
  • Data Control Language (DCL), untuk mengendalikan hak akses user terhadap basis data. Misalnya: Memberikan hak akses kepada user (GRANT), mengambil hak akses user (REVO

sumber : rudyanto arief

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s